Info Bozzkaf :

Kisah Tujuh Pemuda yang Tidur Berabad-Abad(Ashabul Kahfi)

 Allah Berfirman :
(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisiMu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.” (QS. Alkahfi:10)
Saya berusaha mencari tahu kenapa kisah Ashabul Kahfi diabadikan di dalam Al-Qur’an. Dan kisah mereka takkan terlupakan karena Al-Qur’an akan selalu dibaca. Apa yang terdokumentasi didalamnya akan ikut abadi. Setiap generasi takkan putus mata rantai pengenalannya tentang kisah tujuh pemuda tersebut.
Setelah membuka lagi Tafsir Ibnu Katsir saya membaca sebuah perjalanan mereka yang dramatis.
Mereka ternyata adalah sekelompok anak muda yang hidup jauh sebelum masa Nabi Isa a.s. karena kaum Yahudi sangat memahami cerita mereka. Berarti ini adalah kisah yang teradi ribuan abad yang silam.
Tidak sedikit ulama salaf dan khalaf yang menceritakan bahwa kaum muda itu adalah anak raja dan bangsawan Romawi. Jika mendengar kata romawi, yang saya bayangkan adalah tentang, sebuah kekaisaran jaman dulu dengan kota yang megah, pertempuran gladiator yang keji, atau tentara yang ribuah jumlahnya.
Dikisahkan dalam Tafsir Ibnu Katsir, suatu hari tatkala orang-orang pergi untuk merayakan hari raya, kaum muda itu pun pergi bersama ayah dan kaumnya. Mereka melihat kaumnya bersujud dan menyembelih bukan atas nama Allah Ta’ala. Mereka sudah mengetahui bahwa penyembelihan tidak layak dilakukan kecuali atas nama Allah.
Masing-masing pemuda kemudian memisahkan diri dari keramaian itu. Pemuda yang pertama kali memisahkan diri duduk di bawah pohon. Kemudian bergabung pula pemuda berikutnya, lalu berikutnya. Satu persatu, padahal pemuda yang satu tidak mengenal pemuda lainnya.
Apa yang ada di pikiran mereka? Sekali lagi, mereka sudah mengetahui bahwa ada sesuatu yang tidak sepantasnya dilakukan oleh kaumnya. Apa yang mempersatukan mereka? Mungkin mereka berpikir keras dari apa yang mereka lihat sebelumnya. Mungkin mereka berpikir, apakah saya yang bodoh atau mereka yang bodoh. Melakukan ritual yang tidak masuk akal.
Saya mengutip hadits yang dihadirkan Ibnu Katsir:
“Ruh-ruh itu ibarat bala tentara, apabila saling mengenal, maka akan rukun. Dan apabila tidak saling mengenal, maka akan berselisih.” (HR. Bukhari-Muslim)
Yang mempersatukan mereka di sana ialah Zat yang mempersatukan hati mereka dalam keimanan.
Dikisahkan kembali, setiap pemuda menyembunyikan isi hatinya terhadap yang lain lantara takut. Mereka masing-masing tidak mengetahui bahwa mereka memiliki satu keyakinan. Hingga salah satunya bertanya tentang alasan mereka hadir ke tempat itu. Dan ternyata mereka semua memiliki alasan yang senada.
Dari pertemuan istimewa tersebut, mereka bersepakat melakukan tindak lanjut. Singkat cerita mereka kemudian membuat tempat ibadah tersendiri. Aktivitas mereka kemudian diketahui oleh Raja dari laporan kaumnya. Mereka dihadirkan di depan Raja, diinvestigasi. Karena mereka tak bergeming dari keyakinan mereka akhirnya diancam jika tidak kembali kepada agama kaum mereka.
Dalam masa ancaman itu Raja membiarkan, memberikan kesempatan untuk ‘bertaubat’ lagi. Disinilah dimulai ide mereka untuk mencari cara mempertahankan iman mereka. Mereka memutuskan melarikan diri dan menuju ke sebuah gua. Raja lalu mencari mereka. Dan kemudian Allah pun melenyapkan ihwal mereka. Tertidur selama 309 tahun.
Pertarungan ideologi. Ya, kalimat ini yang muncul di benak saya usai membaca kisah mereka. Mereka melakukan lompatan pikiran yang tidak lazim ditengah-tengan keyakinan orang banyak. Mereka berani meninggalkan kondisi umum yang sudah mendarah-daging dalam masyarakat mereka. Dan berikutnya mereka teguh mempertahankan apa yang mereka yakini.
Kisah menghilangnya ketujuh pemuda itu kemudian menjadi buah bibir. Dan kejadian itu mewabah menjadi sebuah pemicu ‘berpikir ulang’ kaum itu tentang kepercayaan mereka. Hingga akhirnya zaman berganti, kekuasaan berganti dan keyakinan berganti. Mereka terinspirasi dari ‘lenyapnya tujuh pemuda’.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

31 Agustus 2013 pukul 13.12

bermanfaat bangt gen.....

Posting Komentar

 
Blog koe : vhiblues | Dunia Muslim | bozzkaf
Copyright © 2011. boxriborn - All Rights Reserved
Selamat datang di Dunia Muslim By bozzkaf
Follow @azmiel_boy